Bursa Transfer Menjadi Kunci Bagi Fiorentina

Fiorentina musim lalu sempat cukup perkasa. Tim yang kini masih dilatih Paulo Sousa tersebut sempat berada di peringkat kedua klasemen pada hampir setengah musim lalu. Meskipun pada akhirnya sedikit mengendur akibat penurunan performa secara individu dan tim, La Viola musim lalu menjadi salah satu bukti bahwa mereka menjadi salah satu tim yang patut diperhitungkan dalam perebutan Scudetto.

Karena itulah pada awal musim ini Fiorentina mulai diunggulkan sebagai salah satu calon peraih posisi teratas Serie A. Sayang, ekspektasi tinggi serta keterlibatan mereka di kompetisi Eropa nampak membuat anak asuh Sousa kesulitan untuk menunjukkan penampilan yang sama seperti musim lalu. Setelah mengawali musim dengan inkonsistensi, Fiorentina harus mengakhiri tahun dengan berada di peringkat kesembilan.

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,

Dengan penurunan cukup drastis semenjak pertengahan musim lalu, wajar tentu beberapa pemain mereka mulai dikaitkan dengan kepindahan dari Artemio Franchi. Beberapa diantara mereka pun tergolong pemain kunci bagi skema yang diterapkan Sousa saat ini. Langkah ini sendiri sudah ditempuh oleh Marcos Alonso ketika memutuskan hengkang pada musim panas lalu. Hingga kini, Sousa nampak kesulitan untuk menggantikan pemain asal Spanyol tersebut di sisi kiri pertahanan Fiorentina.

Kesalahan Fiorentina sebenarnya bukan hanya dalam melepas pemain kunci. Musim lalu, kala merekrut pemain di bursa musim dingin, Fiorentina gagal mendatangkan pemain berkualitas yang membantu penampilan tim. Nama-nama seperti Mauro Zarate, Tino Costa, Panagiotis Kone, dan Cristian Tello memang adalah pemain bagus. Namun, dengan waktu bermain terbatas di klub sebelumnya, nama-nama tersebut seakan hanya menjadikan Fiorentina sebagai ajang untuk mengembalikan fisik mereka kepada kondisi yang siap untuk bermain.

Hal yang sama tidak boleh mereka lakukan di bursa transfer kali ini. Tetapi, fokus utama mereka tentu adalah untuk menjaga agar pemain-pemain penting tidak meninggalkan klub. Federico Bernardeschi, Milan Badelj, dan Nikola Kalinic saat ini tengah diburu oleh klub-klub besar. Beberapa diantaranya pun memiliki kemampuan finansial yang lebih baik dari Fiorentina--yang tentunya bisa menjadi magnet tersendiri bagi pemain tersebut. Dengan Fiorentina yang juga masih terlibat di Europa League dan Coppa Italia, tentu kehilangan salah satu dari tiga nama diatas saja bisa berpengaruh pada performa tim di sisa musim ini.

Penampilan Fiorentina bisa dibilang bergantung pada manuver mereka di bursa kali ini. Dengan penampilan mereka sejauh ini yang tengah naik-turun, mendatangkan pemain yang tepat tentu bisa membantu skuat Sousa untuk bisa tampil lebih baik lagi. Namun, di sisi lain, mereka juga harus memastikan tidak ada pemain penting yang meninggalkan Artemio Franchi pada musim dingin ini.