FIFA Fan Award 2016 Milik Liverpool dan Dortmund

You're Never Walk Alone

Masih ingat momen menggetarkan yang tersuguh di Stadion Anfield pada 15 April 2016 silam? Saat itu, sebuah drama mengharukan terjadi, justru jelang duel panas antara Liverpool dan tamunya dari Jerman, Borussia Dortmund.

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,

Liverpool dan Dortmund bersua di perempat final Liga Europa 2015-2016. Sebelum laga, baik fans Liverpool maupun pendukung Dortmund sama-sama berdiri dan menyanyikan You're Never Walk Alone. Laksana paduan suara raksasa, lagu "keramat" tersebut membahana ke setiap sudut stadion. Syal-syal dibentangkan. Tak ada suara lain. Semuanya hanyut dalam nyanyian. Merinding.

Bukan suatu kebetulan, hari itu bertepatan dengan peringatan  tragedi Hillsborough yang terjadi tepat 15 April 1989. Sebanyak 96 nyawa pendukung Liverpool melayang dalam sebuah kejadian di Hillsborough, saat The Reds bersua Nottingham Forest di semifinal FA Cup.

Untuk menghormati fans tuan rumah, pendukung  Dortmund yang "menyerbu" Anfield menunjukkan respek positif dengan ikut menyanyikan  You're Never Walk Alone.

Sikap empati dan solidaritas tersebut tenyata berbuah manis. Fans Liverpool dan  Dortmund menyabet FIFA Fan Award. Malam penganugerahan yang berlangsung di Zurich, Swiss, pada Selasa  (10/1) dini hari WIB, memberikan 45,92 persen suara kepada fans Liverpool dan  Dortmund.

Kekompakan di Anfield itu menyisihkan momen yang tak kalah menggetarkan, yakni ketika  Islandia dan Perancis bertemu di perempat final Piala Eropa 2016 pada 3 Juli. Kedua suporter secara berjamaah melakukan salam Viking.Aksi ini mendapat 31,37 suara, berada di urutan kedua.

Lalu disusul diurutan ketiga dengan  22,71 persen suara, aksi solidaritas suporter ADO Den Haag yang menghujani para suporter cilik Feyenoord penderita kanker dengan boneka.