bayern-sedikit-diunggulkan-atas-real-madrid

BAYERN SEDIKIT DIUNGGULKAN ATAS REAL MADRID


Tidak banyak pertandingan bisa dikategorikan super-mega hit. Pertandingan Bayern vs Real Madrid di kancah Champions League pada tanggal 12 dan 18 April nanti tentu termasuk dalam kategori elite tersebut. Bagaimana tidak, seperti yang pernah saya kupas beberapa waktu lalu, Bayern dan Real adalah 2 dari 3 tim paling top di dunia. Sebuah pertandingan real final atau final dini dihadirkan buat  kita semua penggila bola. This is one game not to miss! 

Keuntungan Real Madrid

Mengaca pada statistik, bagi Bayern bermain di Bernabeu pada leg ke dua bukanlah sebuah keuntungan. Biasanya tim yang bermain di kandang sendiri terlebih dahulu kesulitan melaju ke babak berikutnya. Apalagi ini Bernabeu, bung! Juanito, legenda Real tahun 80 an yang secara tragis meninggal karena kecelakan mobil pernah berkata; " 90 menit di Bernabeu adalah waktu yang sangat lama..." Bila ingin melaju ke babak berikutnya, Bayern jelas harus mampu menang di Alianz Arena dan kemudian mengatasi waktu yang terasa super panjang di Bernabeu. Tidak mudah, apalagi Real memiliki daya dobrak super eksplosif dengan adanya trio Ronaldo, Benzema, Bale, yang ditopang dobel playmaker Modric dan Kroos. 


Kelebihan Real lainnya adalah kemampuan mengeksekusi tendangan bebas dan tendangan penjuru dengan sangat baik. Dalam hal ini Bayern harus mengakui keunggulan tipis Real. 

Keuntungan Bayern Munich

Secara keseluruhan kekuatan kedua tim berimbang. Namun saya melihat beberapa keuntungan bagi Bayern Muenchen yang berpotensi menjadi pembeda pada pertandingan super seru ini. 

Pertama, Bayern sedikit unggul di sektor sayap. Bek sayap Real, Marcelo dan Carvajal,  kalah kecepatan bila dibandingan dengan Robben, Ribery ataupun pemain sayap Bayern lainnya. Sebaliknya, striker sayap yang dimiliki Real, Bale  dan Ronaldo, masih lebih mungkin diatasi oleh Bek sayap Bayern, Lahm dan Alaba. Kecepatan Alaba diprediksi bisa mengimbangi Bale, sedang penempatan posisi Lahm selama ini terbukti mampu meredam kehebatan Ronaldo saat keduanya bertemu baik di level klub maupun timnas. Zidane tentu paham dengan keunggulan Bayern di sektor ini, karena itu sangat menarik memperhatikan counter measure seperti apa yang akan digunakannya nanti.  

Keuntungan Bayern yang kedua adalah kemampuan transisi Real yang kurang bagus saat bergerak mundur setelah melakukan penyerangan. Kelemahan inilah yang dimanfaatkan Napoli dan Dortmund di fase grup. Kelemahan dalam hal transisi dari serangan ke pertahanan ini jugalah yang menjadi penyebab utama mengapa  Real telah kebobolan 28 kali dari 27 pertandingan sejauh ini. Bandingkan dengan Bayern yang hanya kebobolan 13 kali dari 25 pertandingan musim ini. 

Beberapa Data Menarik

Selain angka-angka diatas masih ada beberapa data menarik yang perlu diketahui mengenai laga ini:

Harga jual pemain yang dimiliki Real saat ini berkisar pada angka 767 juta Euro, sedang harga jual tim Bayern sekitar 556 juta Euro. 

Pemain asing yang dimiliki Real berjumlah 15 pemain sedang Bayern memperkerjakan 14 pemain asing. Usia rata-rata kedua tim sama-sama 27 tahun. 

Real menjuarai liga champion 11x  dan menjuarai liga domestik 32x. Bayern menjuarai Bundesliga 26x dan menjuarai liga champions 5x. 


Menarik bahwa baik Real maupun Bayern memilih tidak menumpuk pemain. Bayern hanya terdiri dari 23 pemain dan Real satu pemain lebih banyak. Hal ini dikarenakan pemain berkualitas yang dimiliki kedua tim begitu banyak. Kalau teralu banyak pemain sebagian pemain akan merasa tidak memiliki kans untuk bermain. Karena itu, guna menjaga semangat kompetisi di internal tim banyak tim top kini tidak lagi menumpuk pemain seperti sebelumnya. 

Bermain di kandang, Bayern sejauh ini telah 9x mengalahkan Real dan hanya sekali kalah dan sekali seri. Wow! 

Bermain di kandang, Real sejauh ini telah 7x mengalahkan Bayern. Hanya 3x Real mengalami kekalahan dan sekali seri di kandang. 

Bottom Line

Tidak banyak yang membedakan kedua tim yang dipenuhi pemain super berbakat dari pelbagai penjuru dunia ini. Berdasarkan statistik superioritas Bayern di kandang sendiri, serta kelemahan Real dalam hal transisi, saya melihat Bayern sedikit diunggulkan. Sektor sayap berpotensi menjadi ladang pertempuran yang akan menentukan hasil akhir. Be it as it may, bottom line, don't miss this match! 


Salam Super Soccer,


@coachtimo


TIMO

Timo Scheunmann adalah pelatih sepakbola asal Jerman yang lahir di Indonesia. Saat ini ia melatih di Periba Balikpapan..