Chelsea Tak Boleh Lepas Batshuayi

Keberhasilan Chelsea untuk lolos ke putaran berikutnya di FA Cup menyisakan beberapa catatan positif. Selain menunjukkan kedalaman skuat yang dimiliki oleh Antonio Conte, keputusan pria asal Italia tersebut untuk merotasi hampir seluruh pemain utamanya pada pertandingan melawan Peterborough tersebut juga mengundang pujian. Tidak seperti di era pelatih Jose Mourinho, Conte nampak lebih siap untuk memberikan kepercayaan kepada pemain muda.

Dari starting lineup yang diturunkan Conte, ada beberapa nama yang cukup mengundang perhatian. Kurt Zouma untuk pertama kalinya bermain setelah absen sejak musim lalu. Kemudian, ada juga Nathaniel Chalobah dan Ruben Loftus-Cheek yang dipercaya untuk mengawal lini tengah The Blues. Di lini depan, rekrutan musim panas lalu Michy Batshuayi--yang datang dengan biaya 33 juta pounds--juga diberikan kesempatan untuk bisa tampil sejak awal.

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,

Sebelum pertandingan ini, Conte memang sudah mengisyaratkan bahwa ia akan merotasi pemainnya. Conte juga sudah mengatakan bahwa pertandingan di kompetisi sampingan akan menjadi kesempatan bagi pemain muda untuk menunjukkan kemampuan mereka. Berita baik pun didapatkan Conte pasca pertandingan ini. Memang, dengan kebijakan Conte yang sangat jarang melakukan pergantian di starting lineup intinya di Premier League, ajang seperti FA Cup ini tentu menjadi panggung yang tepat untuk pemain muda Chelsea menunjukkan bakatnya.

Nama yang cukup mencuri perhatian pada pertandingan ini adalah Batshuayi. Diluar lapangan, Batshuayi sendiri tengah dirundung rumor transfer. Waktu bermain minim membuatnya dirumorkan segera hengkang ke klub lain dengan status pinjaman, salah satunya adalah Swansea. Di saat yang hampir bersamaan, Conte juga dikabarkan tengah mempertimbangkan mendatangkan penyerang The Swans, Fernando Llorente, untuk memberikan persaingan bagi Diego Costa di lini depan.

Terdengar aneh memang. Selain karena Batshuayi yang didatangkan dengan harga mahal, Llorente pun belum tentu didapatkan Chelsea. Bila terlebih dulu melepas penyerang muda Belgia tersebut, tentu The Blues akan menjadi pihak yang merugi karena akan sulit mencari penyerang yang siap jika hanya menjadi pelapis. Belum lagi sangat jarang klub yang mau melepas pemainnya di bursa transfer Januari.

Selain karena beresiko mengurangi kedalaman skuat Chelsea, Batshuayi pun sudah menunjukkan bahwa ia cukup baik sebagai pelapis Costa. Selain tidak pernah mengeluh terang-terangan ke media--atau setidaknya belum--laga melawan Peterborough menjadi bukti kuat lainnya. Memang, di awal pertandingan ia nampak terlalu ambisius untuk mencetak gol, sesuatu yang memang sangat ia butuhkan mengingat jarangnya waktu bermain yang ia dapatkan. Namun, ketika gol yang ia idam-idamkan itu ia cetak, Batshuayi nampak bermain lebih tenang. Ia juga beberapa kali memperlihatkan ketidak egoisannya sebagai seorang penyerang. Gol yang ia cetak tersebut nampaknya memang membuat beban yang ia pikul di awal pertandingan sedikit menghilang.

Melepas pemain di bursa transfer Januari secara umum tentu mengurangi kekuatan klub tersebut. Bahkan, meski pemain yang dilepas tersebut adalah pemain pelapis. Itulah yang harus benar-benar dipertimbangkan Chelsea. Melepas Batshuayi seharusnya tidak masuk ke dalam rencana mereka pada bursa transfer ini. Penyerang asal Belgia tersebut nampak sudah cukup memberikan bukti bahwa ia memang pantas diberikan kesempatan di skuat asuhan Antonio Conte.