Wayne Rooney, Si Bengal yang Menjadi Legenda

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,

Oleh: Handy Fernandy

Entah apa yang ada dibenak sir Alex Ferguson ketika memboyong Wayne Rooney, bocah berusia 18 tahun dengan harga yang cukup fantastis, sebesar 26 juta poundsterling dari klub lamanya, Everton, ke Manchester United (MU). Sebuah rekor transfer untuk pembelian pemain muda di bawah usia 20 tahun saat itu.  

Awalnya, banyak yang meyakini bahwa apa yang dilakukan pelatih asal Skotlandia tersebut adalah perbuatan sia-sia. Memang tak ada yang meragukan kemampuan individu Rooney dalam mengolah bola. Hampir seluruh pelatih di Premier League bahkan pelatih klub manapun di dunia pasti menginginkan dirinya dalam skema taktik. 

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,

Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan attitudenya yang sering kali melakukan tindakan indisipliner, baik di lapangan maupun di luar lapangan. Karena itulah julukan “Si Bengal” akrab dengannya. Bahkan sebelum hijrah ke Old Trafford, Wazza—julukan Rooney—sukses mendapatkan 12 kartu kuning dalam satu musim, tepatnya pada ajang Premier League 2003/2004 yang merupakan musim terakhirnya bersama The Toffees.

Keputusan Ferguson mendatangkan pria bertubuh gempal ini terbukti sebagai salah satu pembelian terbaik selama 26 tahun melatih MU. Rooney menjelma menjadi salah satu penyerang yang paling berbahaya di dunia. Naluri mencetak gol yang tinggi didukung oleh kecepatan dribble bola yang luar biasa juga penempatan posisi yang baik membuat pria yang memiliki postur setinggi 1.78 m ini begitu menyeramkan di depan kotak penalti lawan. Sederet prestasi pun sudah disumbangkan oleh ayah dari Klay, Kai, dan Kit Joseph ini untuk MU. Barangkali, Setan Merah-lah yang beruntung mendapatkan Rooney karena berhasil melambungkan nama klub tersebut dengan torehan piala dan gelar. 

Meski begitu, proses untuk membentuk seorang Rooney yang seorang pemain berandalan menjadi seorang kapten di Manchester United adalah hal yang tidak mudah. Masih kita ingat bagaimana tidak dewasanya dia saat berkelahi dengan bek Real Madrid, Pepe, yang ketika itu masih memperkuat Porto. Bahkan ketika membela Inggris, Wayne pernah menerima kartu merah lantaran menginjak bek Portugal, Ricardo Carvalho, dan berkelahi Cristiano Ronaldo—yang kala itu masih membela MU—ketika babak semifinal Piala Dunia 2006.

Kini Rooney sudah tidak lagi melakukan tindakan-tindakan yang merugikan bagi timnya. Bahkan, panggilan si bengal sudah tak lagi terdengar untuk menjuluki pemain yang kini sudah berusia 31 tahun tersebut, justru ukiran prestasi yang kembali diraih. Yang terbaru adalah pemain bernomor punggung 10 ini berhasil mencetak gol yang ke-249 bersama MU.

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,

Kemenangan MU atas Reading 4-0 di laga babak ketiga Piala FA, di Stadion Old Trafford, Sabtu (7/1/2017) lalu menjadi saat bahagia bagi Rooney. Selain berhasil mengantarkan kesebelasan asal Kota Manchester ke putaran keempat Piala FA, satu golnya juga berhasil menyamai rekor milik legenda klub Sir Bobby Charlton. 

Hebatnya, Rooney hanya butuh 543 pertandingan untuk menyamai rekor sejak bergabung bersama MU dari Everton pada musim panas Premier League musim 2004/2005. Bahkan ia lebih cepat 215 hari ketimbang Sir Bobby Charlton.

Sebelumnya, rekor atas nama Sir Bobby Charlton sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Tim Nasional Inggris dengan 49 gol juga sempat dipecahkan oleh Rooney dua tahun lalu . tepatnya pada tahun 2015 lalu dengan ketika mencetak salah satu gol kemenangan The Three Lions 2-0 atas Swiss. 

Dini hari nanti, MU akan menjalani laga semifinal EFL Cup melawan Hull City di Old Trafford. Jika Rooney bisa mencetak satu gol saja, maka ia sudah tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Manchester United. Dan mendapatkan gelar tersebut di depan publik Old trafford, tentu saja akan menjadi hal yang luar biasa bagi Rooney.

Pertandingan semifinal EFL Cup antara Manchester United melawan Hull City, akan ditayangkan secara live dan ekslusif di Supersoccer TV. Daftarkan diri anda di Supersoccer TV untuk mendapatkan akses menonton pertandingan-pertandingan sepakbola (klik di sini untuk mendaftar).

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,