buffon-kembali-catatkan-rekor

BUFFON KEMBALI CATATKAN REKOR


Tiap pekan terlewati, nampaknya Juventus kian dekat dengan Scudetto musim ini. Kemenangan demi kemenangan terus diraih oleh anak asuh Massimiliano Allegri dan kian mendekatkan mereka dengan kejayaan domestik. Meskipun AS Roma dan Napoli terus membuntuti dengan meraih kemenangan, nampaknya Bianconeri memang sudah tidak terjangkau lagi oleh mereka. Juve masing-masing unggul delapan poin dari Roma dan 10 atas Napoli. Dengan delapan laga tersisa, tentu akan sulit untuk mengejar Juventus.

Kali ini, giliran Sampdoria yang menjadi korban Juventus. Bermain di Marassi, gol tunggal Juan Cuadrado menjadi penentu kemenangan Bianconeri pada laga tersebut. Sebenarnya, pasca gol yang terjadi di menit ketujuh tersebut, kedua tim sama-sama memiliki peluang untuk menambah gol yang terjadi. Namun, hal tersebut urung terjadi dan pada akhirnya Juve-lah yang pulang dari Sampdoria dengan membawa poin penuh.

Pada pertandingan tersebut, Juve harus menerima berita buruk dan berita baik. Berita buruknya, Juve kemungkinan harus kehilangan Paulo Dybala dalam beberapa pertandingan ke depan. Penyerang Argentina tersebut digantikan oleh Marko Pjaca ketika pertandingan belum genap setengah jam karena kakinya mengalami sedikit gangguan. Meskipun Allegri menyatakan bahwa cedera La Joya tidak mengkhawatirkan, tentu ini akan sedikit mengurangi daya ledak yang dimiliki Bianconeri saat ini. Terlebih, laga berat termasuk melawan Barcelona di Liga Champiosn sudah menanti mereka.


Untuk berita baiknya, ini lebih kepada tataran individu. Gianluigi Buffon lagi-lagi memecahkan rekor baru di klub asal Turin tersebut. Dengan partisipasinya pada pertandingan melawan Sampdoria, Buffon kini sudah mengemas 39,681 menit bermain untuk Juventus. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak dalam sepanjang sejarah klub. Buffon mengalahkan rekor Giampiero Boniperti yang hanya kalah satu menit darinya. Tentu, raihan individu tersebut kian membuat nama Buffon terpatri jelas pada monumen sejarah Juve.

Sebelum rekor itu, Buffon juga sudah memecahkan beberapa rekor lainnya selama berseragam Juventus. Buffon saat ini juga tercatat sebagai kiper dengan raihan cleansheet terlama dengan 10 pertandingan pada musim lalu. Soal menit tanpa kebobolan, Buffon juga menjadi rajanya dengan total 974 menit tanpa sekalipun memungut bola dari gawang. Untuk melengkapi indahnya tahun lalu bagi Buffon, ia juga menerima penghargaan Golden Foot, mengalahkan calon lainnya seperti Cristiano Ronaldo. Ia juga menjadi pemegang terbanyak penghargaan kiper terbaik Serie A dengan 11 gelar, dimana sembilan diantaranya ia menangkan ketika berseragam Juventus.

Satu rekor yang mungkin agak sulit dipecahkan Buffon di Juventus adalah rekor penampilan terbanyak. Saat ini, raihan tersebut dipegang oleh Alessandro Del Piero dengan 705 penampilan. Buffon sendiri saat ini mengemas 612 pertandingan dan mungkin hanya akan mencapai 620an penampilan pada akhir musim nanti. Dengan kemunculan kiper muda seperti Emil Audero atau kemungkinan Juve merekrut penjaga gawang baru nantinya, Buffon mungkin akan cukup sulit memecahkan rekor ini.