peta-kekuatan-epl

PETA KEKUATAN EPL

Part One

Big four is history. Bahkan istilah big five sudah kadaluwarsa. Kini ada enam tim besar di EPL: Chelsea, MU, Liverpool, Arsenal, ManCity, dan Spurs. Selain itu saya melihat West Ham dan Everton sebagai kuda hitam yang layak diperhitungkan. 

Delapan tim yang dibahas disini memperkuat diri dengan sangat baik sehingga persaingan super ketat akan terjadi. Super menarik. I can't wait. What a super season this promises to be!

Spurs

Tidak mengikutkan Spurs dalam daftar tim-tim terkuat EPL adalah kesalahan besar mengingat sudah 3 musim belakangan ini mereka tampil impresif. Memang Spurs tidak membeli siapapun musim transfer ini tapi keberhasilan mereka memagari bintang-bintang mereka seperti Eriksen, Alli, dan Kane adalah kabar baik bagi fans Spurs. Praktis hanya  Walker yang hengkang ke City (seharga 50 juta Euro). Sebuah kepergian yang memang patut disayangkan, namun saya tetap yakin Spurs bisa berbicara banyak musim depan. Tim ini telah lama bersama dan akan semakin menyatu musim ini. The longer a team stays together the better they will become. Saya sangat percaya pada prinsip tersebut. 

Pochettino sendiri berusaha menurunkan ekspekatasi publik terhadap timnya. Alasan Pochettino adalah pemain-pemain utama dalam timnya perlu pesaing untuk semakin mematangkan permainan mereka. Nah, tanpa pembelian baru, menurut Pochettino, akan sulit bagi Spurs meraih tahta juara. Pernyataan yang cenderung pesimistis namun saya  melihatnya  tidak lebih sebagai usaha terselubung Pochettino untuk melindungi tim mudanya dari public pressure yang counterproductive. 

Arsenal

Sebagai salah satu klub terkaya dunia sangat mengherankan tidak melihat Arsenal dalam deretan 10 besar klub dengan pembelajaan pemain tertinggi musim panas ini. ManCity, PSG, dan AC Milan memimpin daftar pembelanjaan pemain. Arsenal yang hanya menggelontor 53 juta Euro untuk seorang Lacazette bahkan kalah dengan Everton (98 juta Euro) dan Lille (65,5 juta Euro). Walau demikian, sebagai seorang fans Arsenal saya tetap optimis menatap musim depan. Keberhasilan Arsenal memagari kepergian Sanchez yang tadinya hampir pasti akan hengkang (Bayern Muenchen dan City dikabarkan hampir saja mendapatkan Sanchez), serta direkrutnya seorang striker murni handal membuat saya bersemangat.

Keberadaan Lacazette di Arsenal super penting karena selama ini Giroud bagus tapi tidak cukup bagus untuk membuka peluang meraih juara EPL. Lacazette yang dibeli dari Lyon adalah jaminan mutu. Dalam 4 musim bersama Lyon ia mencetak 113 gol! Tiga musim lalu Lacazette meraih top scorer League One Perancis. Dua musim terakhir ia meraih rumner up top scorer dibelakang Ibra dan Cavani. This is one good signing!

Selain itu, Arsenal berhasil mendatangkan bek kiri/sayap kiri Kolasinac dari Schalke 04. Pemain asal Bosnia ini sudah terbiasa bermain dalam formasi 3-4-3, sebuah formasi yang sepertinya akan sering digunakan Wenger musim ini. Kolasinac tentu saja harus bersaing dengan Monreal dan Gibbs, namun bahwa ia adalah pembelian yang smart telah terbukti di ajang Community Shield saat ia berhasil menyamakan kedudukan bagi Arsenal. 

Pembelian yang smart, berhasil dipertahankannya Sanchez, serta kebersamaan pemain yang sudah berlangsung lama, membuat Arsenal layak diperhitungkan sebagai salah satu kandidat juara musim depan.

West Ham United

Pembelian yang dilakukan West Ham musim panas ini sungguh mengagumkan. Setelah kehilangan big star mereka, Payet, yang dijual ke Marseille pada awal 2017, kini West Ham merekrut 5 pemain yang dipastikan akan mengangkat performa tim ini. 


Dengan direkrutnya 3 pemain depan, daya dobrak West Ham akan semakin tajam. Kini Caroll dan Ayew memiliki pesaing-pesaing besar dalam diri Chicharito 

(dibeli dari Leverkusen seharga 16 juta Euro), Arnautovic yang sebelumnya sangat menonjol bersama Stoke City, dan pemain belia blasteran Montenegro-Swedia asal liga Swedia, Sead Haksabanovic. Pemain berumur 17 tahun ini dibeli dengan bandrol super mahal, 27 juta Euro. Harga selangit bagi seorang pemain berumur 17 tahun tentu menggambarkan talenta besar yang dimilikinya. Kini Coach Slaven Bilic memiliki banyak pilihan sekaligus banyak tipe pemain depan yang berbeda sehingga berpotensi besar untuk saling melengkapi satu sama lain. 

Selain itu, West Ham berhasil mendatangkan Zabaleta dan kiper nasional Inggris Joe Hart. Wow! Bersama Snodgrass, Antonio, dan lain-lain, West Ham kini memiliki sederet nama yang mampu menumbuhkan respect lawan kepada mereka. Kini semuanya tergantung adaptasi pemain-pemain top class ini di klub baru mereka. Apabila semua berjalan lancar,  jangan heran melihat West Ham berada di top five klasmen EPL musim ini. 

Part two segera menyusul.


Salam Super Soccer,


@coach Timo