Preview EFL Cup Southampton vs Liverpool: Menyambut Kembalinya Coutinho

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,

Oleh: Handy Fernandy

Laga semifinal leg pertama Piala Liga Inggris yang mempertemukan tuan rumah Southampton melawan Liverpool di St Marys Stadium, Kamis (12/1) dini hari WIB, dipastikan akan menarik untuk disimak. Pasalnya, Manajer Liverpool, Jürgen Klopp mengatakan bahwa Philippe Coutinho sudah pulih dari cedera dan sudah terlihat berlatih bersama rekan-rekannya. Bila keadaan memungkinkan, maka pria berusia 24 tahun ini akan diturunkan kembali ke lapangan.

"Semua pemain dalam keadaaan baik. Saya pikir Coutinho juga cukup fit untuk masuk skuad. Dia sudah berlatih lagi pada Senin pagi," ujar Klopp

Coutinho, sebagaimana yang kita ketahui bersama tak lagi terlihat di daftar skuat The Reds sejak akhir November 2016 lalu. Ia dibekap cedera yang cukup parah di pergelangan kaki akibat berbenturan dengan gelandang Sunderland, Didier Ndong, pada pekan ke-13 di Premier League.

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,

Kehilangan pemain asal Brasil tersebut membuat laju klub yang bermarkas di Anfield ini sedikit tersendat. Bahkan seminggu setelah cederanya sang pemain. Liverpool harus menelan kekalahan kedua mereka setelah 11 menjalani pertandingan tanpa terkalahkan di Liga Inggris selama pertengahan musim 2016/2017. Untunglah, prestasi Roberto Firmino dkk masih stabil dengan menempati posisi kedua klasemen sementara dan hanya tertinggal lima poin dari sang pemuncak, Chelsea. 

Sebelum tertimpa sial karena cedera dan harus menepi selama 42 hari serta melewatkan 9 pertandingan Liverpool, pria kelahiran Rio de Janeiro ini tampil luar biasa. Total lima gol dan lima assist sudah dia ciptakan dari 13 penampilannya tersebut. 

Berkat kinerja yang luar biasa di atas lapangan tersebut, Coutinho pun dianugerahi gelar yang cukup prestise, yakni Samba Gold 2016 di akhir tahun. Gelar yang diinisiasi oleh  media olahraga ternama di Brasil, Sambafoot ini merupakan sebuah pengakuan dari para stake holder sepak bola Brasil—yang terdiri dari jurnalis, pesepak bola profesional, dan pemungutan suara dari suporter melalui secara online—atas peningkatan kemampuan yang signifikan selama tahun 2016.

Bahkan torehan tersebut telah mengakhiri dominasi penyerang asal klub Barcelona, Neymar, yang meraih penghargaan yang ditunjukan sebagai gelar pemain asal Brasil yang berkompetisi di Eropa ini dalam dua tahun terakhir.  

Kehadiran Coutinho di lapangan tentunya akan sangat penting. Selain dapat meningkatkan semangat, ia juga dirasa mampu untuk menaikan moril anak asuh Klopp yang sedang mengalami penurunan performa dalam dua laga terakhir di mana dalam kedua pertandingan tersebut mereka hanya mampu bermain imbang. 

Bahkan secara tak terduga Liverpool bermain imbang tanpa gol melawan klub divisi empat Liga Inggris, Plymouth Argyle, di ajang FA Cup. Dengan menurunkan pemain yang sudah membela Tim Nasional (Timnas) Brasil mulai dari U-17 ini dapat menjadi pelecut semangat para punggawa Liverpool untuk melangkah ke partai final di ajang kelas tiga tersebut.

Sebelumnya, pemain yang sudah mencetak gol sebanyak 6 gol bersama Timnas senior Brasil ini nyaris dimasukan dalam daftar skuad Liverpool saat menjamu Plymouth Argyle. Namun tidak jadi lantaran Klopp menyimpan tenaga Countinho untuk comeback di laga penting. Banyak yang menganggap pertandingan melawan  Southampton di leg pertama semifinal kali ini merupakan salah satu laga yang penting. Untuk itulah, banyak yang berharap mantan pemain Inter Milan tersebut diharapkan dapat menjalani debut sepak bola-nya di tahun 2017 ini. 

Sementara itu, Southampton, sang lawan pun tak dapat dianggap remeh. Klub yang memiliki julukan The Saints ini dikenal sebagai tim yang mampu menundukan tim-tim besar. Menjungkalkan kesebelasan Arsenal menjadi bukti betapa berbahayanya anak asuh Claude Puel meski dalam beberapa laga terakhir mereka justru tengah terseok-seok. Dengan status sebagai tuan rumah, bukan tidak mungkin justru akan menjadi laga debut yang buruk bagi Coutinho pasca pulih dari cedera.

Pertandingan semifinal EFL Cup leg pertama antara Southampton vs Liverpool dapat anda saksikan di Supersoccer TV. Saksikan pertandingan Liverpool vs Southampton dengan berlangganan Supersoccer TV (klik di sini untuk mendaftar)

berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion,